Menentukan Desain Pagar Rumah yang Cocok, Intip Inspirasinya!

0
6
menentukan desain pagar rumah yang cocok, intip inspirasinya!
Sumber : Haibunda.com

Sebagai bagian dari fasad, penampilan pagar rumah menyumbang banyak bagi penampilan rumah secara keseluruhan. Bukan hanya itu, fungsinya sebagai perlindungan untuk rumah juga membuat desain pagar cukup tricky. Kamu perlu mencari desain yang tahan segala cuaca, memiliki perawatan yang mudah, serta cukup kuat dengan desain yang menarik.

Menggunakan Material yang Tepat

pagar rumah tembok
Sumber : Kompasiana.com

Salah satu kunci agar pagar rumah awet dan tahan cuaca adalah dengan menggunakan material yang tepat. Pada dasarnya, kamu bisa memadukan berbagai material selama desain dibuat dengan tepat dan tahu cara perawatannya.

Misalnya saja, kayu mungkin bisa lapuk kalau terekspos panas matahari dan air hujan. Namun, kalau dilapis dengan finishing yang tepat, bisa jadi pagar kayu akan awet dan tidak mudah rusak. Begitu juga dengan material lain seperti besi, aluminium, batu alam, dan lainnya.

Kamu perlu tahu permasalahan yang mungkin terjadi pada material tersebut dalam jangka panjang. Besi mungkin saja berkarat, jadi kamu sebaiknya melapisinya dengan cat atau cairan antikarat sebelum memasang pagar. Contoh lain, antijamur dan pembersihan secara berkala perlu dilakukan kalau pagar rumah terbuat dari batu alam.

Inspirasi Paduan Material Pagar Rumah

pagar rumah sederhana
Sumber : Dekoruma.com

Memadukan berbagai material untuk pagar rumah juga bisa memberikan tampilan unik tersendiri bagi rumah. Dengan desain yang tepat, rumah bisa terlihat minimalis, mewah, klasik, atau artistik sesuai dengan gaya eksterior yang kamu inginkan.

Pagar Kayu dan Besi

Pagar rumah besi adalah salah satu variasi yang paling sering digunakan. Besi merupakan material yang cukup tahan lama dan memiliki banyak jenis. Ini membuat material ini mudah dibentuk dan dipadankan dengan material lain.

Misalnya saja, pagar rumah dibuat dengan kerangka besi hollow dan papan kayu dipasangkan secara vertikal untuk menciptakan kesan rustic yang modern. Besi yang dicat hitam juga bisa jadi paduan yang bagus dengan warna kayu asli.

 

Pagar Besi dan Batu

Sebagai paduan dengan pagar rumah tembok, belakangan ini desain pagar besi dan batu sedang populer. Sedikit meniru dengan gaya Skandinavian, besi yang digunakan adalah besi dengan jaring-jaring dan dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki ruang di dalamnya.

Ruang tersebut lalu diisi dengan batu alami yang ukurannya lebih besar dari jaring-jaring besi. Desain seperti ini adalah salah satu ide untuk pagar rumah minimalis modern. Kalau kamu suka dengan desain Eropa modern yang minimalis, pagar rumah seperti ini bisa jadi pilihan.

Pagar dengan Pergola

Pagar dengan pergola biasanya sering kita lihat pada pagar rumah mewah. Sebab, dibutuhkan ruang yang cukup luas untuk membuat pergola di atas pagar. Meski begitu, pergola ini dibuat dengan tujuan tertentu misalnya agar bisa memasang penerangan di atas pagar.

Pada rumah yang cukup besar, pagar dengan pergola sering kali menyambung dengan struktur bangunan yang berfungsi sebagai pos penjagaan. Untuk menambah fungsi, pagar juga memiliki pintu kecil untuk masuk orang atau kendaraan kecil seperti motor.

Saat ini, desain pergola pun banyak yang mengadaptasi desain minimalis tanpa banyak detail. Biasanya, pergola terbuat dari struktur tembok karena dianggap lebih kuat terhadap segala cuaca.

Pagar Batu Alam

Kamu senang sesuatu yang terasa sejuk dan Indonesia banget? Coba gunakan batu alam sebagai ide pagar rumah sederhana tapi cantik. Penggunaan batu alam akan mengingatkan kamu suasana di daerah-daerah seperti Bali atau Yogyakarta.

Batu alam memiliki banyak jenis dan sebagian juga sudah memiliki ukiran yang bisa disesuaikan dengan desain rumah. Pagar batu alam biasanya dipadukan dengan cara menempelkannya pada pagar rumah tembok.

Musuh utama batu alam ini adalah lumut. Sebaiknya, lapisi dengan pelindung batu alam dan antijamur sebagai finishing pagar jenis ini. Namun begitu, ada juga orang yang senang melihat tampilan jamur pada batu karena terasa lebih sejuk dan alami. Untuk itu, bisa tergantung dengan preferensi masing-masing.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Pagar Rumah

pagar rumah minimalis
Sumber : Rumahpedia.info

Saat ini, banyak rumah baru yang dibuat tanpa konsep pagar. Biasanya, rumah dengan desain seperti ini sudah memiliki sistem keamanan yang tepercaya di gerbang dan sekeliling kompleks.

Namun begitu, terkadang ada rasa tidak nyaman bagi mereka yang belum terbiasa memiliki rumah tanpa pagar. Maka dari itu, pemasangan pagar rumah menjadi opsional dan banyak yang menambahkannya di kemudian hari ketika dirasa butuh.

Ketika memutuskan untuk membuat pagar sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut:

Menggunakan Ukuran yang Proporsional

Pagar rumah perlu dibangun sesuai dengan lebar muka rumah. Lebar muka rumah yang tidak terlalu panjang akan terasa “penuh” jika ditutup dengan pagar dengan material yang berat seperti tembok atau batu alam. Pertimbangkan material lain yang lebih ringan seperti besi, kayu, atau aluminium agar lebih proporsional.

Mengakomodasi Kebutuhan Penghuni

Jika penghuni banyak keluar masuk menggunakan kendaraan roda dua atau tanpa kendaraan, sebaiknya sediakan bukaan pagar kecil. Jadi, mobilitas tidak akan terganggu karena harus membuka pagar yang lebar untuk keluar masuk rumah.

Memperhatikan Faktor Keamanan

Pagar rumah harus tahan lama, mudah dirawat, dan dengan desain yang sesuai. Namun, ada hal yang lebih penting yaitu mengenai keamanan. Pagar harus aman dan memiliki sistem kunci yang nyaman digunakan oleh seluruh penghuni rumah.

Sedang Mencari Rumah? Kami Tahu di Mana!

pagar rumah sederhana tapi cantik
Sumber : Properti.kompas.com

Mencari hunian terkadang terasa seperti mencari jodoh. Kamu perlu terus mencari hingga mendapatkan yang cocok. Nah, untuk mempermudah, kamu bisa mencarinya di platform online seperti Mania Estate. Dengan daftar hunian yang telah terkurasi, kamu bisa menemukan rumah untuk dibeli dan disewa. Bahkan, kamu juga bisa menjual properti kamu di situs ini.

Dengan menetapkan kualitas tertentu untuk setiap hunian yang ada dalam daftar, Mania Estate bisa menjadi tempat untuk menemukan hunian terbaik dengan harga yang sesuai dengan bujet kamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here