Mau Internet Lancar Jaya di Rumah, Simak Harga Pasang WiFi dan Tips Memilih Provider Berikut Ini!

0
12
mau internet lancar jaya di rumah, simak harga pasang wifi dan tips memilih provider berikut ini!
Sumber : Spacestock.com

Semakin lama, kebutuhan akan internet semakin tinggi. Ketimbang membeli paket data yang harganya cukup tinggi, memasang WiFi sendiri di rumah bisa menjadi solusi. Hanya dengan satu kali pasang, semua kebutuhan internet Anda sekeluarga bisa terpenuhi. Baik untuk pekerjaan hingga sekadar hiburan. Lalu, berapa kisaran harga pasang WiFi internet saja? Pilihan provider apa saja yang tersedia?

Harga Pasang WiFi dari Berbagai Penyedia Jasa Internet

harga pasang wifi indihome
Sumber : Wowkeren.com

Untungnya saat ini semakin banyak layanan WiFi yang tersedia dengan harga cukup terjangkau. Untuk lebih lengkapnya, mari simak beberapa pilihan yang tersedia beserta harga pasang WiFi berikut ini!

Harga Pasang WiFi IndiHome

Sebagai salah satu pelopor penyedia layanan internet tanah air, Telkom melalui IndiHome menyediakan beragam pilihan paket internet. Dilansir dari situs resminya, ada 3 pilihan paket yang bisa dipilih yakni 2P (Internet+Phone), 2P (Internet+TV) dan 3P (Internet+TV+Phone) dengan rentang kecepatan 20 sampai 100 Mbps.

Dengan biaya bulanan mulai dari Rp240.000-Rp440.000, harga pasang WiFi Telkom ini dikenakan tarif Rp75.000-Rp150.000 (hanya dibebankan saat awal pemasangan saja). Harga pasang ini bisa berbeda tergantung wilayah Anda.

Harga Pasang WiFi Biznet

Biznet merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan hosting dan cloud computing yang didirikan pada tahun 2000. Saat ini Biznet fokus dalam menyediakan layanan internet baik untuk rumah, apartemen maupun fasilitas umum.

Biznet menawarkan 3 macam paket internet yakni Biznet Home Internet, Biznet Home Combo dan Biznet IPTV. Harga pasang WiFi Biznet untuk semua paket sama yakni Rp750.000 (kecuali jika Anda memilih perangkat WiFi Fiber Modem yang biayanya lebih mahal yaitu Rp900.000) dengan biaya bulanan mulai dari Rp325.000-Rp660.000. Sedangkan untuk paket Biznet Home Combo biaya berlangganan berkisar Rp450.000-Rp725.000. Kalau Anda tertarik menggunakan paket Biznet IPTV, tarif berlangganannya hanya Rp175.000-Rp300.000 saja.

Perlu diketahui bahwa tarif berlangganan internet Biznet tidak sama untuk semua wilayah di Indonesia.

Harga Pasang WiFi First Media

Salah satu penyedia layanan internet yang cukup populer di Indonesia adalah First Media. Perusahaan yang dimiliki oleh Lippo Group ini menyediakan paket internet dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp371.000 sampai dengan Rp3.129.000. Biaya ini masih ditambah dengan ratusan siaran televisi kabel yang bisa Anda akses di rumah. First Media juga menyediakan layanan internet dengan kecepatan yang beragam mulai dari 15 Mbps sampai yang tercepat yakni 300 Mbps.

Selain paket utama, pelanggan juga bisa membeli paket tambahan berupa Internet Speedbooster, Selection Pack hingga Add-on. Anda hanya tinggal memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Harga Pasang WiFi.id

Selain IndiHome, PT Telkom juga menyediakan layanan internet publik yakni WiFi.id. Sayangnya layanan ini untuk sekarang hanya tersedia untuk area umum seperti restoran hingga sekolah. Untuk harga pasang WiFi.id tergantung pada jenis paket yang dipilih.

Paket Silver dengan kecepatan 20 Mbps dikenakan biaya instalasi Rp500.000 dengan biaya berlangganan Rp470.000, Paket Gold dengan kecepatan 50 Mbps dikenakan biaya pasang Rp500.000 dengan tarif berlangganan Rp950.000. Untuk paket Platinum yang memiliki speed 100 Mbps, Anda harus membayar ongkos instalasi sebesar Rp500.000 dengan biaya berlangganan Rp1.500.000. Biaya ini tidak termasuk penggunaan internet karena untuk bisa mengakses jaringan, pengguna harus membeli voucher terlebih dahulu sebelum login.

Harga Pasang WiFi Indosat GIG 20 Mbps

Tidak hanya dikenal sebagai provider produk internet untuk perangkat mobile, sekarang Anda juga bisa menikmati jaringan Indosat di rumah lewat layanan WiFi yang mereka sediakan. WiFi murah unlimited yang mereka tawarkan hanya Rp280.000 saja per bulannya dengan kecepatan internet mencapai 20 Mbps. Uniknya lagi, Indosat tidak mengenakan biaya apa pun untuk instalasi.

Tips Memilih Penyedia Layanan Internet

harga pasang wifi first media
Sumber : Priceprice.com

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk layanan WiFi di rumahnya. Agar pilihan Anda tepat, simak tips penting berikut ini!

  1. Tentukan Kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan Anda dan keluarga. Apakah Anda hanya memerlukan jaringan internet saja? Atau perlu tambahan seperti telepon dan TV kabel? Beberapa provider menyediakan harga yang lebih murah untuk bundling produk sehingga itu bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih paket.

2. Tentukan Kecepatan Internet yang Diperlukan

Selain kebutuhan akan layanan, kecepatan internet yang bervariasi mungkin akan membingungkan Anda dalam memilih. Jika Anda menggunakan banyak perangkat yang memerlukan internet berkecepatan tinggi agar bisa beroperasi, sebaiknya pilih layanan dengan kecepatan yang tinggi pula. Apalagi jika kecepatan itu berpengaruh pada produktivitas Anda di rumah. Perlu diingat bahwa semakin cepat internet yang Anda inginkan, semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan.

3. Lihat Review

Anda mungkin pernah mendengar bahwa penyedia layanan WiFi A kerap abai dengan keluhan pelanggan atau layanan WiFi B yang ternyata kecepatannya tidak sesuai dengan yang dijanjikan di awal. Anda bisa menemukan informasi semacam ini lewat review-review di internet. Jika ingin lebih meyakinkan lagi, mintalah rekomendasi rekan terdekat sebelum memilih salah satu provider WiFi.

4. Manfaatkan Promo

Selain mengecek harga pasang WiFi, hal lain yang sebaiknya Anda lakukan adalah memeriksa promo yang sedang berlangsung. Beberapa perusahaan menyediakan penawaran menarik dengan harga yang cukup terjangkau untuk pelanggan baru. Ini bisa menjadi cara jitu untuk menghemat pengeluaran.

5. Memilih Layanan Berbasis Kabel atau Seluler

Saat ini layanan WiFi tersedia dalam pilihan ISP (menggunakan kabel) dan seluler. Layanan internet berbasis kabel biasanya cukup stabil dalam kecepatan tapi Anda tidak bisa menggunakannya di luar rumah. Kalau Anda termasuk orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, memilih layanan internet berbasis seluler mungkin adalah opsi terbaik.

Demikianlah informasi seputar harga pasang WiFi dan tips-tips dalam memilih provider WiFi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan internet sebelum melakukan pemasangan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here