Inspirasi Rumah Minimalis dan Gaya yang Bisa Kamu Tiru

0
59
inspirasi rumah minimalis dan gaya yang bisa kamu tiru
Sumber : 99.co

Rumah minimalis sering diartikan sebagai rumah modern dengan suasana yang polos dan tidak banyak warna. Sebenarnya, penjelasan minimalis itu sendiri masih cukup luas dan fleksibel. Yang paling membedakannya tentu saja pada garis-garis yang lebih sederhana dan detail yang lebih menekankan pada material dibandingkan tekstur artifisial.

Di berbagai belahan dunia, inspirasi rumah minimalis memiliki interpretasinya sendiri. Gaya Zen di Jepang merupakan gaya minimalis dengan sentuhan alam dan penggunaan furnitur yang sedikit. Atau, gaya Skandinavian yang juga minimalis dalam penggunaan warna. Jadi, rumah minimalis seperti apa yang cocok dengan karaktermu?

Desain Minimalis, Bujet Tidak Terkikis

desain rumah minimalis modern
Sumber : Arcadiadesain.com

Banyak yang suka berkelakar kalau rumah minimalis itu berarti bujetnya juga minimalis. Meskipun tidak sepenuhnya benar, hal tersebut dikarenakan rumah minimalis tidak memerlukan terlalu banyak detail dan mudah dipadankan dengan gaya apa saja.

Kalau kamu memilih untuk membeli furnitur dengan harga yang cukup tinggi, itu sah-sah saja. Apalagi kalau memang furnitur tersebut memiliki kelebihan seperti material yang tahan lama atau desain yang eksklusif.

Kelebihan Desain Minimalis: Maintenance Sederhana!

Berbeda dengan desain tradisional Indonesia atau klasik Eropa yang memiliki banyak ukiran dan lekuk yang rumit, inspirasi rumah minimalis diambil dari garis-garis yang lebih sederhana dan terkesan clean.

Ini menjadi salah satu kelebihannya yaitu maintenance yang juga sederhana. Untuk membersihkannya saja, kamu tidak perlu memikirkan ada debu-debu yang terselip di antara desain yang rumit.

Selain itu, banyak dari desain minimalis menekankan pentingnya penyimpanan yang tertutup dan mudah dicari. Jadi, barang-barang yang biasanya tercecer di rumah bisa masuk ke dalam storage sehingga rumah terlihat lebih bersih. Kalau sudah begitu, untuk merapikannya pun tidak butuh pekerjaan yang berat.

Inspirasi Gaya Rumah Minimalis

Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan inspirasi rumah minimalis dengan mudah. Saat ini, banyak akun-akun Instagram, Pinterest, atau media sosial lainnya yang menampilkan inspirasi gaya rumah yang berbeda dan menarik.

Dari inspirasi-inspirasi tersebut, banyak juga yang berasal dari rumah-rumah di dalam negeri. Ini artinya, kamu bisa cari tahu di mana tempat membeli furnitur atau dekorasi serupa agar sama dengan desain rumah minimalis modern yang jadi inspirasimu.

Sekarang, coba kita intip beberapa gaya yang bisa menjadi inspirasi rumah minimalis:

Warna Putih yang Sedang Digandrungi

Dilansir dari ABC Australia, banyak faktor yang memengaruhi penggunaan warna putih secara dominan pada rumah. Di antaranya adalah Perang Dunia II dan modernisasi. Saat itu, interior rumah dan desain furnitur mulai beralih ke arah yang lebih sederhana terutama setelah perang berakhir.

Ternyata, warna putih menjadi populer lagi belakangan ini. Keramik dan furnitur putih kembali menjadi tren untuk menciptakan ruangan yang lebih terang dan terkesan bersih. Kamu juga bisa mencari inspirasi rumah minimalis dengan warna dasar putih dan memadankannya dengan warna lain yang juga kalem seperti biru muda, abu, dan warna kayu.

Desain Industrial Minimalis

Gaya industrial minimalis mengambil inspirasi dari masa-masa revolusi industri. Material besi dengan garis tegas mulai banyak digunakan di masa ini. Saat ini, gaya industrial banyak kita temukan di kafe dan rumah makan.

Meski terkesan gelap karena penggunaan warna hitam dan kayu yang dominan, ternyata gaya industrial minimalis memberikan kesan hangat. Penggunaan poster dan dekorasi yang eclectic akan menambah sentuhan yang menyenangkan pada ruangan.

Minimalis ala Korea Selatan

Siapa yang suka nonton drakor alias drama Korea? Beberapa tahun belakangan ini, segala hal yang berbau Korea Selatan menjadi populer di tanah air, tidak terkecuali pada gaya rumah. Inspirasi rumah minimalis ala Korea Selatan bisa ditiru dari rumah-rumah yang ada dalam film drama Korea Selatan.

Mengusung konsep open-plan, rumah Korea Selatan menggunakan warna kayu yang terang seperti pinus, bambu, dan jati belanda. Warna yang diterapkan pada bahan sofa, tirai, dan bantal sofa adalah warna cerah dan netral. Paduan kuning muda dan abu, krem dan putih, serta warna kayu dapat dilihat dominan dalam inspirasi rumah minimalis a la Korea Selatan.

Konsep open-plan juga membuat desain rumah minimalis bergaya Korea Selatan memiliki pencahayaan alami yang berlimpah. Ini ternyata berpengaruh pada suasana rumah yang terasa lebih segar, sejuk, dan menyenangkan.

Gaya Minimalis Skandinavian yang Modern

Gaya Skandinavian semakin menjadi primadona terlebih sejak munculnya perusahaan interior IKEA yang mendunia. Tidak lama berselang setelah kemunculan cabang IKEA di Indonesia pada tahun 2014, semakin banyak model rumah minimalis sederhana yang mengadaptasi gaya Skandinavian.

Kalau dilihat secara keseluruhan, gaya Skandinavian cukup beragam. Namun, rata-rata menggunakan warna yang cukup netral seperti putih, abu, biru tua, dan warna kayu. Pada bangunan, warna putih masih mendominasi terutama pada jendela dan tembok.

Desain rumah minimalis sederhana dengan gaya Skandinavia juga biasanya menambahkan satu atau dua warna terang sebagai focal point. Warna yang sering dipakai adalah kuning dan oranye karena masih dalam satu cakupan warna natural.

Wujudkan Rumah Impianmu di Sini!

maniaestate
Sumber : Maniaestate.com

Kamu sedang dalam proses mencari hunian? Selain rumah yang sesuai dengan bujet, saat ini yang tidak kalah pentingnya adalah mencari rumah yang nyaman. Sebab, sehari-hari kita sudah dihadapkan dengan pekerjaan dan kegiatan yang padat. Rumah perlu menjadi tempat kita mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Di Mania Estate, kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai kualitas hunian. Sebagai platform jual beli dan sewa properti, Mania Estate memberikan ketenangan bagi kamu sebagai pencari rumah. Setiap properti sudah melalui pengecekan sehingga kamu bisa membeli rumah yang cocok, nyaman, dan sesuai dengan anggaran.

Kamu hanya perlu memasukkan kriteria rumah yang kamu inginkan terutama lokasi yang dituju. Saat ini, Mania Estate menyediakan penjualan properti di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Yuk, lihat dan cari rumah yang sesuai dengan kebutuhanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here