Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis Buat Kamu yang Males Ribet

0
19
inspirasi desain kamar minimalis buat anda yang males ribet
Sumber : Kumparan.com

Ada berapa kamar tidur di dalam rumah yang kamu tempati saat ini? Kamar tidur merupakan bagian pada rumah yang bersifat pribadi. Artinya, pemilik kamar dapat memiliki privasi sendiri di dalamnya. Selain itu, kamar tidur juga bisa ditata dengan bebas seperti keinginan orang yang menempatinya.

Agar desain kamar tidur dapat memberi kenyamanan, kesesuaian dengan karakter pemilik kamar tentu harus dipertimbangkan. Desain kamar tidur remaja tentu berbeda dengan kamar tidur orang dewasa. Karena itu, jika ingin menata ulang kamar, pastikan terlebih dahulu mengenal penghuninya agar dapat menentukan desain yang tepat.

Perhatikan Ini Sebelum Mendekor Ulang

desain kamar tidur sederhana
Sumber : Pegipegi.com

Jika kamu merasa bahwa kamar tidur yang ditempati saat ini kurang nyaman, langkah paling baik adalah melakukan dekor ulang. Namun, sebelum memutuskan hal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu cek, yaitu:

1. Ketersediaan Bujet

Untuk mendekor ulang kamar tidur atau bagian apa pun di dalam rumah, diperlukan bujet yang tidak sedikit. Biaya diperlukan untuk membantu memindahkan barang-barang atau melakukan renovasi yang diperlukan. Selain itu, kamu juga mungkin perlu membeli perabot baru yang sesuai dengan desain terbaru.

2. Kondisi Kamar

Tiap orang pasti ingin memiliki kamar tidur impian. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi kamar sebelumnya. Faktor yang berpengaruh salah satunya adalah luas kamar. Kamu tentu harus memilih desain kamar tidur kecil jika luas kamar tidak seberapa.

3. Gaya Desain Kamar

Selanjutnya, kamu perlu memutuskan gaya desain kamar yang sesuai dengan bujet, luas kamar, maupun keinginan. Salah satu yang umum digunakan adalah desain kamar minimalis. Desain kamar tidur sederhana ini cocok bagi laki-laki maupun perempuan. Keunggulannya, kamar akan terasa lapang sehingga suasana lebih nyaman.

4. Penempatan Barang

Saat mendekor ulang kamar, tentukan perabot apa saja yang masih akan digunakan. Hal ini bisa kamu pertimbangkan berdasarkan kondisi barang tersebut, anggaran untuk membeli barang baru, hingga kesesuaian dengan desain yang baru. Kemudian, tentukan penempatan barang berdasarkan model kamar terbaru.

5. Opsi Renovasi

Apakah kamu mempertimbangkan untuk melakukan renovasi pada kamar? Jika kamar dalam keadaan rusak, hal ini harus dilakukan. Jika tidak, desain kamar terbaru tidak akan maksimal. Kamu bahkan harus mendekor ulang kamar dua kali jika suatu saat kerusakannya tak bisa lagi diatasi. Jadi, cek dulu dan pertimbangkan opsi renovasi.

Ide Desain yang Pas untuk Kamar Sempit

desain kamar tidur remaja
Sumber : Rumahhokie.com

Tidak semua rumah memiliki kamar yang luas. Apalagi harga tanah dan bangunan pada zaman sekarang terbilang sangat mahal. Namun, kamar tidur kecil pun bisa tetap nyaman asal ditata dengan baik. Yuk, simak ide desain kamar minimalis berikut ini.

1. Gaya Monokrom

Bermain dengan warna adalah salah satu cara untuk membuat kamar terlihat lebih menarik. Untuk tampilan minimalis, pilihlah gaya monokrom. Gaya monokrom bisa menciptakan kesan sederhana sekaligus elegan dan modern dengan dua warna utama yang digunakan.

Agar desain monokrom tidak terkesan membosankan, pasang hiasan yang menarik di dinding kamar. Kamu juga bisa menambahkan kesan fresh dengan memajang tanaman hidup. Tema yang satu ini sangat cocok untuk desain kamar tidur cowok.

2. White on White

Ingin agar kamar terlihat lebih cerah dan bersih, menggunakan tema White on White bisa menjadi pilihan. Tema desain yang didominasi warna putih ini sangat cocok untuk kamar minimalis.

Meskipun demikian, warna putih pada kamar harus didukung oleh sentuhan unik sehingga tampilannya tidak biasa saja. Salah satunya adalah menempatkan perabot yang terkesan glamor, misalnya kaca besar yang mewah.

3. Boho Chic

Miliki desain kamar tidur unik dengan tema boho chic. Boho atau bohemian akan menciptakan kesan yang romantis. Beberapa perabot yang bisa kamu tempatkan di dalam kamar adalah ranjang besi, tirai berenda, atau barang-barang jadul lainnya.

4. Industrial

Desain interior ala industrial juga bisa kamu pilih untuk kamar minimalis. Desain ini identik dengan penggunaan rangka besi, langit-langit yang terekspos, dan dominasi warna netral. Keunggulan gaya industrial adalah membuat kamar terlihat lebih luas, modern, sekaligus tampak mewah.

Tips Mendesain Kamar Baru

desain kamar panjang
Sumber : Furnizing.com

Selain menentukan jenis gaya interior yang akan diterapkan pada kamar tidur, ada beberapa tips lain yang perlu kamu perhatikan saat akan mendekor ulang. Berikut di antaranya:

1. Pasang Cermin Besar

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat mendesain kamar baru adalah dengan memasang cermin besar. Cermin biasanya dapat menciptakan ilusi agar kamar terlihat lebih luas. Tempatkan cermin di dinding atau atur supaya menempel di lemari pakaian yang cukup besar.

2. Pilih Perabot Multifungsi

Tips selanjutnya adalah memilih perabot yang bersifat multifungsi atau digunakan untuk lebih dari satu keperluan. Bagian bawah ranjang misalnya dapat bermanfaat sebagai tempat penyimpanan. Meja belajar bisa berfungsi sekaligus sebagai nakas. Dengan demikian, perabot yang ada di dalam kamar tidak terlalu banyak.

3. Coba Opsi Tempat Tidur Lipat

Apakah kamu ingin memiliki ruang yang lebih luas di dalam kamar? Jika memungkinkan, pilihlah tempat tidur yang bisa dilipat. Saat ini, ada berbagai merek tempat tidur yang bisa dilipat. Bukan hanya membuat wujud tempat tidur tak terlihat, tetapi juga bisa difungsikan sebagai sofa. Pada kamar yang berukuran kecil, menggunakan ranjang lipat adalah pilihan yang tepat.

4. Pilih Warna Dinding Netral

Apa pun gaya desain kamar yang ingin kamu coba, sebaiknya pilih warna yang netral untuk bagian dinding. Dinding yang berwarna gelap cenderung menciptakan kesan lembap dan tidak menarik. Sebaliknya, dinding yang terlalu cerah akan mengganggu kenyamanan tidur. Warna andalan untuk kamar minimalis adalah putih, abu-abu, atau krem lembut.

Inspirasi desain kamar ini perlu kamu terapkan pada ruangan yang berukuran sempit. Lakukan juga tips-tips tersebut dan nikmati kenyamanan selama berada di dalam kamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here