6 Ide Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Cocok untuk Keluarga Muda

0
9
model rumah minimalis 2 lantai tampak depan
Sumber : Cermati.com

Sedang berencana mewujudkan rumah impian dalam waktu dekat? Ini waktunya berburu inspirasi rumah minimalis 2 lantai. Dengan mengantongi ragam ide desain rumah akan memberimu referensi tentang hunian terbaik yang cocok untuk keluarga muda.

Tanpa referensi, kamu akan kesulitan membayangkan hasil akhirnya. Walaupun kamu membeli rumah siap pakai dari pengembang, kamu tetap perlu memolesnya sana sini agar rapi dan terlihat lebih personal. Pertimbangkan juga dana yang harus disiapkan untuk membangun atau membeli rumah. Jangan sampai rumah belum jadi, danamu sudah habis.

Lantas, apa yang membuat rumah minimalis 2 lantai populer? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai

rumah minimalis 2 lantai mewah
Sumber : Rumah123.com

Jika kamu perhatikan, makin banyak pengembang yang menawarkan rumah minimalis 2 lantai type 36. Bagi mereka yang membangun rumah sendiri pun, desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 cukup digemari.

Usut punya usut, semua tak lepas dari anggapan rumah 2 lantai bergaya minimalis cocok dengan keluarga muda yang tinggal di perkotaan. Beberapa alasan yang membuat orang yakin membangun rumah gaya minimalis 2 lantai antara lain:

Memaksimalkan lahan yang terbatas

rumah minimalis 2 lantai type 36
Sumber : Tekape.id

Sudah jadi rahasia umum bahwa harga tanah di perkotaan mahal. Bahkan, di pinggiran kota besar harga lahan kian melonjak. Otomatis keterbatasan lahan jadi sesuatu yang tidak terhindari.

Membangun rumah 2 lantai jadi trik terbaik untuk menyiasati kondisi demikian. Di atas lahan terbatas, kamu bisa mempunyai rumah dengan luas sama seperti rumah 1 lantai. Bahkan, lebih baik karena kamu bisa menambahkan area balkon untuk duduk santai menikmati pemandangan sekitar rumah.

Setiap ruangan berfungsi optimal

harga rumah minimalis 2 lantai,
Sumber : Archify.com

Karena membangun rumah di lahan terbatas, kamu akan terdorong untuk benar-benar membuat setiap ruangan berfungsi optimal. Misalnya, kamu menggunakan konsep open space di lantai bawah. Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur berada di area sama.

Semua aktivitas keluarga bisa dilakukan secara bersamaan dalam satu ruangan saja. Misalnya, kamu bisa memantau anak bermain sembari beberes rumah atau menerima kedatangan kerabat sambil menjamu mereka dengan masakan rumah.

Menjaga kebersihan rumah lebih mudah

menjaga kebersihan rumah
Sumber : Pintukamarmandi.com

Berkat gaya minimalis yang kamu pilih, membersihkan rumah 2 lantai terasa mudah. Konsep ini menekankan kesederhanaan dan fungsi setiap ruangan. Begitu pula dengan penataan perabotan dan dekorasi yang diatur sedemikian rupa.

Sebagai catatan, rumah minimalis umumnya dirancang dengan pencahayaan dan sirkulasi udara baik. Dengan semua aspek tersebut, menjaga kebersihan rumah pun lebih mudah dan tidak butuh waktu lama untuk merapikan setiap bagian.

Langit-langit rumah terlihat lebih tinggi

sirkulasi udara cukup baik
Sumber : Rumahlia.com

Seperti telah disebutkan di atas, rumah 2 lantai rata-rata mempunyai pencahayaan dan sirkulasi udara cukup baik. Hal ini disebabkan oleh keberadaan pilar yang membuat langit-langit rumah terlihat lebih tinggi. Pilar ini bertugas “membagi ruang” di dalam rumah tanpa perlu membangun sekat atau dinding.

Keuntungan itu bisa membantumu menghemat listrik di rumah. Sinar matahari yang menerobos masuk dan hembusan angin segar membuatmu tidak perlu menyalakan lampu atau pendingin ruangan saat pagi hingga sore hari. Lebih ramah lingkungan sekaligus hemat energi bukan?

Membedakan fungsi masing-masing lantai

desain rumah minimalis 2 lantai 6x12 dan biayanya
Sumber : Rumah.com

Keuntungan punya rumah 2 lantai berikutnya adalah kamu bisa dengan mudah membedakan fungsi setiap lantai. Contoh, seluruh aktivitas keluarga dilakukan di lantai 1, termasuk makan, menonton televisi, sampai bermain. Sementara, lantai 2 hanya untuk kamar tidur dan ruang kerja.

Pembagian ruangan demikian akan membantumu memperoleh kualitas hidup lebih baik. Waktu istirahat lebih optimal karena tidak ada gangguan televisi atau suara-suara aktivitas penghuni rumah lainnya. Kamu pun lebih mudah memantau rutinitas tiap anggota keluarga.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

fungsi setiap lantai
Sumber : Properti.kompas.com

Setelah mengetahui apa saja keuntungan punya rumah minimalis 2 lantai, sekarang waktunya kamu menemukan inspirasi desain dari daftar pendek berikut ini.

Desain simpel yang klasik

Mengusung desain simpel yang klasik, pasti akan cocok buat kamu yang mencemaskan harga rumah minimalis 2 lantai. Dengan desain sederhana tidak banyak elemen yang perlu perhatian ekstra. Kamu cukup fokus pada beberapa elemen saja untuk memberi sentuhan personal pada hunian itu, seperti fasad dengan balkon estetik sebagai bintangnya.

Balkon gaya modern

Karena berdiri di lahan terbatas, ada kemungkinan kamu sulit memaksimalkan lahan sisa sebagai halaman. Namun, kamu bisa mengeksplorasi balkon untuk dijadikan area bersantai menggantikan halaman. Model rumah minimalis 2 lantai tampak depan ini memiliki balkon bergaya modern dengan pagar dari kaca. Unik juga ya?

Perpaduan unsur kayu, logam, dan kaca

Sulit memilih satu dari tiga unsur di atas? Coba padukan saja ketiganya pada bagian fasad rumah. Perpaduan kayu, logam, dan kaca akan menciptakan karakteristik fasad unik yang membuat rumahmu berbeda dari rumah lain. Gunakan panel kayu berbingkai besi gelap sebagai pagar serta kaca besar dengan frame logam dan panel kayu yang mengisi tembok luar lantai 2 rumah. Terkesan modern sekaligus rustic!

Tonjolkan eksterior

Minimalis tidak selalu minim detail. Untuk menciptakan rumah minimalis 2 lantai mewah, kamu bisa memainkan beberapa elemen sekaligus untuk menonjolkan bagian eksterior rumah. Atur setiap elemen agar tetap berada dalam porsi yang pas. Misalnya, pagar kayu dengan tembok pagar putih yang tampil selaras dengan balkon putih berisi tanaman hijau dan jendela besar di lantai 2.

Pagar unik yang ikonis

Ingin rumahmu tampak berbeda dari milik para tetangga? Jatuhkan pilihan pagar pada sesuatu yang unik dan mencuri perhatian. Cara ini akan membuat rumah mempunyai ciri khas sendiri sehingga orang mudah mengenalinya. Contoh, pakai pagar kayu dan padukan dengan tembok pagar bermotif dengan lubang kecil sebagai saluran sirkulasi udara. Menarik sekaligus memberi privasi ekstra pada kamu dan keluargamu.

Maksimalkan lahan di area terbatas

Apa yang bisa kamu lakukan jika lahan rumah yang tersedia berbentuk memanjang alih-alih melebar? Rumah minimalis dengan 2 lantai tetap solusi terbaik. Untuk kesan ‘ringan’ dan modern, pilih material beton dan kaca daripada membangun banyak sekat dari tembok. Konsep terbuka seperti ini akan membantumu memaksimalkan lahan yang sempit sekaligus meningkatkan fungsi setiap ruang dalam hunian secara optimal.

Dari enam ide rumah minimalis 2 lantai di atas, mana yang paling kamu sukai? Semoga referensi tadi memberimu lebih banyak inspirasi untuk membangun rumah impian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here