10 Inspirasi Pagar Minimalis Murah untuk Rumah Mungil

0
10
10 inspirasi pagar minimalis murah untuk rumah mungil
Sumber : Cekruang.com

Gaya minimalis yang sedang naik daun memang cocok untuk segala jenis tipe rumah, termasuk rumah mungil. Kamu pun bisa menegaskan kesan tersebut pada setiap elemen rumah, mulai dari elemen terluar yang paling mudah terlihat, yaitu pagar.

Namun, pagar minimalis seperti apa yang cocok untuk rumah mungil? Jawabannya bisa beragam. Dari material besi hingga kayu, atau perpaduan beberapa material, semua dapat mempercantik bagian eksterior rumah. Pastikan pagar pilihanmu tetap mengedepankan faktor keamanan dan perlindungan privasi penghuni.

Nah, supaya kamu tidak bingung lagi menentukan mana pagar minimalis murah tepat untuk hunianmu, simak 10 inspirasi desain pagar berikut ini.

Jejaring Cantik nan Unik

pagar minimalis murah
Sumber : Dekorhousewindowsblogspot.com

Mari awali dengan sesuatu yang unik. Bukan pagar dengan bilah panjang, tetapi pagar dengan panel berjaring. Kamu dapat menentukan satu dari beberapa pilihan, apakah mau memakai panel berjaring kecil-kecil atau agak besar.

Umum menggunakan material besi, jejaring dalam panel pagar menciptakan kesan eksentrik pada eksterior rumah. Rapatnya jaring dapat menyamarkan pandangan menuju halaman rumah. Namun, jika kamu membuat taman mungil, jejaring pagar seolah-olah membingkai halaman rumah dan terkesan hangat.

Pagar Baja yang Kokoh

contoh pagar minimalis
Sumber : Rumah.com

Baja identik dengan kesan kokoh dan kuat. Material ini pun jadi pilihan populer hunian di perkotaan berkat tampilan ala industrial yang menguatkan rasa aman penghuninya. Untuk rumah minimalis, pagar baja desain simpel bisa memperindah eksterior dengan proporsi tepat.

Misalnya, pagar baja berwarna abu-abu gelap dengan bilah horizontal bercelah. Penghuni rumah tetap dapat mengintip keluar rumah, tetapi bilah pagar yang agak tebal sedikit menghalangi pandangan dari luar ke bagian dalam rumah. Kombinasikan dengan tembok berwarna senada untuk menonjolkan kesan modern.

Pagar Geser Gaya Modern

pagar tembok minimalis
Sumber : Rumah.com

Rumah mungil identik dengan keterbatasan lahan. Memakai pagar dengan sistem buka tutup biasa cenderung memakan tempat, apalagi jika rumahmu berada di lingkungan kompleks yang cenderung ramai dan padat. Butuh waktu ekstra untuk membuka pagar tanpa was-was pintu mengenai benda lain di sekitarnya.

Pagar geser gaya modern bisa jadi solusi tepat untuk masalah hunian ini. Pilih material baja dengan roda tambahan yang membuatnya relatif mudah digeser. Jika ingin terkesan natural, kamu bisa memilih pagar kayu sementara besi atau baja dipakai untuk “mengikat” kayu-kayu tersebut.

Laser Cut Bermotif

hiasan pagar minimalis
Sumber : Solusiruma.com

Bagi kamu yang menggemari teknik laser cut, ada lho pagar minimalis yang dibuat dengan teknik tersebut. Teknik ini menciptakan pagar bermotif cantik dengan detail sempurna di seluruh bagian pagar. Memang kamu perlu menyiapkan biaya ekstra untuk ini mengingat pembuatannya agak sulit.

Namun, usaha itu akan sepadan dengan hasil: sebuah pagar bermotif cantik yang tiada duanya. Coba kombinasikan dengan pagar tembok minimalis berwarna senada dengan menempatkan pagar bermotif sebagai pintu dan panel di salah satu tembok terluar rumah. Cara ini cukup ampuh menekan biaya pembuatan pagar.

Kayu untuk Kesan Rustic

rumah dengan pagar minimalis
Sumber : Content.co.id

Nah, buat kamu yang senang dengan suasana natural, jatuhkan pilihan pada material kayu. Selain terkesan hangat, kesan rustic ala pedesaan juga cukup menonjol. Namun, jika rumahmu mungil, cukup pakai pagar kayu berdesain simpel dan pendek.

Pasalnya, ukuran pagar yang terlalu tinggi akan menutupi eksterior rumah. Alih-alih mempercantik, pagar kayu tinggi justru membuat rumahmu terkesan bak penjara. Kemudian, padukan dengan elemen besi hitam sebagai bingkai dan pegangan pagar sehingga tetap terkesan modern.

Elegan dengan Pergola

pagar kayu minimalis
Sumber : Pinterest.com

Pagar rumah mungil yang disematkan fitur pergola bisa jadi ide unik lainnya. Pergola merupakan atap berbentuk persegi yang bisa dipakai untuk memasang lampu maupun tanaman rambat. Pilih ukuran pergola yang proporsional sehingga tidak menambah sempit lahan.

Padukan pergola dengan panel pagar baja berwarna abu-abu dan tembok berwarna kontras seperti coklat muda atau putih gading. Pemakaian material tersebut menjaga keselarasan tampilan eksterior dengan hunian bergaya minimalis.

Elemen Kaca Buram Menjaga Privasi

gambar pagar minimalis
Sumber : Dekoruma.com

Kamu tidak begitu menyukai pagar terlalu pendek atau terlalu terbuka? Coba siasati dengan menambah elemen kaca buram pada panel pagar. Kaca buram ini dapat jadi solusi untuk kamu yang ingin menjaga privasi.

Agar tetap terlihat selaras, pilih panel pagar dengan bentuk kotak-kotak. Kaca buram digunakan untuk menutupi kotak-kotak tersebut. Pastikan warna pagar hitam atau abu-abu agar tampak kontras dengan kaca buram. Gaya ini tetap mengesankan minimalis modern pada tampilan luar rumah.

Senada Gaya Fasad Rumah

pagar pendek minimalis
Sumber : Bramblefurniture.com

Bingung memilih pagar seperti apa? Coba perhatikan lagi gaya fasad rumahmu. Ambil inspirasi dari gaya yang ditonjolkan pada bagian eksterior rumah. Posisikan pagar sebagai pelengkap elemen eksterior sehingga kamu bisa merancang konsep pagar serupa dengan hunian.

Misalnya, fasad rumahmu didominasi bebatuan alami dengan garis berwarna gelap yang membingkai area teras atau balkon jika rumahmu berlantai dua. Terapkan gaya sama pada tembok luar hingga panel pagar. Pilih material baja dengan warna senada agar terlihat menyatu dengan rumah secara utuh.

Aksen Horizontal Berbahan Aluminium

contoh jenis pagar minimalis
Sumber : Rumah.com

Butuh privasi tinggi tetapi tidak ingin menutupi akses pandang ke luar maupun ke dalam rumah? Pagar aluminium dengan panel bilah memanjang ke samping layak jadi inspirasi. Tiap panel pagar terdiri atas bilah-bilah horizontal dengan sedikit celah di antaranya.

Masing-masing panel dirangkai dan dibingkai dengan aluminium untuk menegaskan kesan modern. Kombinasikan dengan tembok berwarna senada agar tampak serasi. Namun, kamu bisa selalu bereksperimen dengan warna tembok lain selama masih sejalan dengan konsep eksterior rumah.

Kombinasi Batu dan Besi

variasi pagar minimalis
Sumber : Pinterest.com

Batu-batu alam yang disusun sedemikian rupa dapat berperan sebagai tembok terluar rumah. Buat batu-batu alam tersebut sebagai barisan tiang dengan panel besi yang mengisi celah-celah tersebut. Untuk pagar, kamu bisa memilih pagar besi nan kokoh yang terdiri atas bilah-bilah panjang disusun berdiri atau vertikal.

Terapkan model pagar geser untuk menyiasati keterbatasan lahan. Pastikan panel tersebut cukup ringan dan punya ketebalan yang pas sehingga menimbulkan kesan ramping. Meski begitu, pagar tetap terlihat kokoh dan menciptakan rasa aman bagi penghuni di dalamnya.

Dari 10 inspirasi pagar minimalis murah yang pas untuk rumah mungil tadi, mana yang paling kamu sukai? Semoga referensi ini mempermudah tugas menentukan desain pagar terbaik versimu sendiri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here