Ubah Desain Ruang Tamu agar Tidak Membosankan dengan Tips Berikut Ini

Ruang tamu merupakan bagian dalam rumah yang pertama kali Anda perlihatkan pada tamu yang datang. Karena itu, alih-alih hanya menampilkan desain ruang tamu sederhana yang sudah biasa, Anda bisa mengubah tampilannya jadi lebih menarik. Tidak hanya membuat seisi rumah jadi betah, menata ulang ruang tamu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Anda sebagai tuan rumah.

Ingin membuat desain ruang tamu mewah untuk rumah Anda? Atau tertarik dengan dekorasi ruang tamu minimalis? Simak tips-tips mudah berikut ini untuk mewujudkannya!

desain ruang tamu minimalis elegan
Sumber : Properti.kompas.com

Tentukan Tema

Ada banyak sekali tema yang bisa Anda pilih untuk ruang keluarga atau ruang tamu Anda. Meski begitu, pilihannya tetap tidak boleh terlalu jauh berbeda dengan konsep rumah secara menyeluruh.

Salah satu tema yang banyak disukai oleh keluarga Indonesia adalah desain ruang tamu minimalis elegan. Bagi Anda yang menyukai desain modern namun tidak menginginkan interior yang terlalu ramai, gaya minimalis sangat cocok diterapkan. Manfaatkan warna-warna dasar hingga perabotan minimalis berwarna abu-abu atau kayu. Cara juga sangat cocok diterapkan untuk desain ruang tamu minimalis ukuran 3×4 yang Anda miliki.

Selain gaya minimalis, Anda juga bisa menggunakan sentuhan lain seperti Industrial, memberikan aksesoris bergaya vintage hingga gaya Skandinavian yang terkesan bersih dan simpel.

Serasikan Warna Cat dengan Perabotan

Memilih warna yang tepat akan menghadirkan nuansa yang Anda inginkan. Jika Anda memilih gaya Mediterania yang kental dengan suasana pantai, pilihan warna seperti merah, biru, putih atau kuning adalah opsi terbaik. Jangan lupa untuk memperhatikan keserasian dalam desain ruang tamu kecil yang Anda buat. Gunakan setidaknya dua sampai empat warna yang tersebar di setiap komponen.

Anda bisa memberikan sentuhan biru yang sama untuk dinding dan karpet. Gunakan warna merah untuk aksesoris dan bantal kursi. Memanfaatkan warna-warna komplementer akan membuat desain ruang keluarga Anda semakin nyaman dan bikin betah.

Untuk Ruang Sempit, Cari Ornamen yang Bisa Membuatnya Terlihat Lega

Ingin membuat desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3? Ukuran yang sempit mungkin akan jadi dilema tersendiri bagi Anda. Selain harus pintar menata layout dan memilih ukuran perabotan, Anda juga harus tahu trik untuk memberikan kesan luas ke dalamnya. Salah satu cara yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan berbagai ornamen.

Aksesoris yang paling umum digunakan untuk memberikan kesan luas adalah cermin. Ini karena kemampuannya dalam memantulkan bayangan serta cahaya yang ada di dalam ruangan. Anda bisa menggunakan satu cermin besar atau beberapa cermin kecil yang tersebar di berbagai sudut ruangan.

Selain cermin, hiasan dinding seperti lukisan juga bisa membantu ruangan terasa lebih luas. Hindari menempatkan lukisan dengan ukuran yang terlalu kecil karena itu justru akan membuat ruangan terasa mungil. Pilihlah lukisan yang besar dan tempelkan pada satu sisi dinding. Lebih bagus lagi kalau lukisan tersebut terlihat real. Ini akan memberikan ilusi lukisan sebagai perpanjangan ruangan.

Ornamen lain yang juga bisa membuat ruangan terlihat luas sekaligus tinggi adalah gorden. Memasang tirai yang panjang hingga hampir menyentuh langit-langit akan membuat rumah terasa lebih tinggi. Cara ini sangat cocok diterapkan jika Anda punya rumah mungil minimalis.

Ciptakan Focal Point untuk Kesan Desain Ruang Tamu yang Mewah

Menciptakan desain ruang tamu mewah bisa Anda lakukan dengan menggunakan focal point atau titik pusat dari ruangan. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan meja lorong dengan lukisan antik di atasnya. Bisa juga dengan menggunakan beberapa ornamen dengan sentuhan emas yang mewah.

Focal point juga bisa diciptakan di langit-langit atau plafon. Dengan desain plafon bertingkat, gunakan pencahayaan untuk menghasilkan kesan mewah sekaligus modern. Ingin sesuatu yang lebih ‘wah’ dan berani? Ubah cat dinding ruang tamu Anda dengan warna serba merah kemudian padukan dengan lampu gantung antik. Dijamin, tampilan rumah secara keseluruhan akan terasa semakin megah dan menawan.

Gunakan Dinding Sebagai Area Tambahan

Keterbatasan ruang untuk berekspresi adalah masalah yang kerap dihadapi oleh para pemilik rumah mungil. Tidak terkecuali saat mereka berusaha menata ruang tamu atau ruang keluarga. Cobalah untuk menggunakan dinding sebagai tempat untuk menumpahkan semua ide dan kreativitas Anda.

Selain jadi tempat untuk meletakkan koleksi buku Anda, dinding merupakan ‘kanvas’ yang siap ditata dengan berbagai hiasan. Anda bisa meletakkan lukisan, koleksi foto yang Anda ambil sendiri atau sebuah cermin.

Pilih Perabotan Multifungsi

Satu lagi solusi cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik rumah mungil adalah dengan memilih perabotan multifungsi. Alih-alih membeli beberapa meja yang membuat sumpek ruangan, coba temukan meja kopi yang bisa difungsikan sebagai meja kerja atau meja belajar. Anda juga bisa dengan mudah menemukan sofa yang bisa disusun menjadi tempat tidur mini. Selain menghemat ruang, membeli perabotan multifungsi juga akan memudahkan Anda menata ruangan sekaligus mengurangi pengeluaran.

Kebersihan dan Kerapian Adalah yang Utama

Desain ruang tamu semewah apa pun tidak akan ada artinya jika penataan dan suasana di dalamnya berantakan. Meski ini adalah tips yang sangat klise, tapi menjaga seisi ruangan tetap bersih dan rapi adalah kunci mendapatkan desain terbaik yang Anda inginkan.

Memilih desain ruang tamu yang ideal dan sesuai dengan selera pribadi memang bukan hal yang mudah. Selain mencoba bereksperimen sendiri atau mencari referensi dari internet, Anda bisa berkonsultasi dengan desainer interior profesional. Selain dapat masukan, Anda mungkin bisa mendapatkan kontak penyedia perlengkapan dekoratif dan perabotan dengan harga terjangkau. Selamat mencoba!

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Get in Touch

22,243FansLike
2,874FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Posts